- Kerangka (frame)
Fungsi utama adalah
untuk mendukung seluruh beban dan berfungsi juga sebagai tempat kedudukan
bantalan, poros engkol, silinder dan tempat penampungan minyak pelumas.
1.
Poros engkol (crank shaft)
Berfungsi mengubah
gerak berputar (rotasi) menjadi gerak lurus bolak balik (translasi).
1.
Batang penghubung (connecting
rod)
Berfungsi meneruskan
gaya dari poros engkol ke batang torak melalui kepala silang, batang penghubung
harus kuat dan tahan bengkok sehingga mampu menahan beban pada saat kompresi.
1.
Kepala silang (cross head)
Berfungsi meneruskan
gaya dari batang penghubung ke batang torak. Kepala silang dapat meluncur pada
bantalan luncurnya.
1.
Silinder (cylinder)
Berfungsi sebagai
tempat kedudukan liner silinder dan water jacket
1.
Liner silinder (cylinder
liner)
Berfungsi sebagai
lintasan gerakan piston torak saat melakukan proses ekspansi, pemasukan,
kompresi, dan pengeluaran.
2.
Front and rear cylinder cover.
Adalah tutup silinder
bagian head end/front cover dan bagian crank end/rear cover yang berfungsi
untuk menahan gas/udara supaya tidak keluar silinder.
3.
Water Jacket
Adalah ruangan dalam
silinder untuk bersirkulasi air sebagai pendingin
4.
Torak (piston)
Sebagai elemen yang
menghandel gas/udara pada proses pemasukan (suction), kompresi (compression)
dan pengeluaran (discharge).
1.
Cincin torak ( piston rings)
Berfungsi mengurangi
kebocoran gas/udara antara permukaan torak dengan dinding liner silinder.
2.
Batang Torak (piston rod)
Berfungsi meneruskan
gaya dari kepala silang ke torak.
3.
Cincin Penahan Gas (packing rod)
Berfungsi menahan
kebocoran gas akibat adanya celah (clearance) antara bagian yang bergerak
(batang torak) dengan bagian yang diam (silinder). Cincin penahan gas ini
terdiri dari beberapa ring segment.
4.
Ring Oil Scraper
Berfungsi untuk
mencegah kebocoran minyak pelumas pada frame
5.
Katup kompresor (compressor valve)
Berfungsi untuk
mengatur pemasukan dan pengeluaran gas/udara, kedalam atau keluar silinder.
Katup ini dapat bekerja membuka dan menutup sendiri akibat adanya perbedaan
tekanan yang terjadi antara bagian dalam dengan bagian luar silinder.
Comments
Post a Comment